Selasa, 03 November 2015

Tips Sehat Terbaik untuk Anak Kita

Tips Sehat Terbaik untuk Anak Kita - Dewasa ini, masalah kesehatan anak terus meningkat. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk menjaga kesehatan anak semaksimal mungkin. Penyakit seperti diabetes, kolesterol ataupun darah tinggi mungkin sering terdengar ‘hanya milik’ para orang dewasa, namun faktanya kondisi tersebut dapat berkembang mulai saat seseorang masih muda.

Faktor-faktor seperti gaya hidup kurang aktif dan pola makan kurang sehat, serta pengetahuan kesehatan yang kurang pada anak, memberikan kontribusi pada kesehatan mereka pada masa yang akan datang.
Tips Sehat Terbaik untuk Anak Kita

Anak-anak di masa kini cenderung memiliki aktivitas fisik yang kurang, karena banyaknya hiburan seperti televisi dan video game. Anak lebih memilih menonton tv berjam-jam sambil mengunyah snack daripada beraktivitas di luar rumah. Kurangnya aktivitas ditambah pola makan kurang sehat bisa menyebabkan obesitas di usia muda, dan dapat menjadi awal mula banyak kondisi kesehatan lain yang lebih serius.

Sudah menjadi tanggung jawab orang tua untuk mengajarkan anak akan pentingnya tubuh yang sehat, serta bagaimana cara menjaga menjaga kesehatan anak sejak dini.

Menjaga Kesehatan Anak

Tiga faktor utama yang sangat berperan dalam kesehatan anak antara lain:

  1. pola makan sehat
  2. olahraga atau aktivitas fisik yang teratur
  3. istirahat yang cukup

Kebiasaan yang kita pelajari semenjak masa kanak-kanak akan tetap terjaga hingga dewasa. Itulah mengapa penting bagi orang tua untuk mengajarkan kepada anak faktor-faktor utama untuk menjaga kesehatan mereka. Anda tidak harus memaksakan kebiasaan-kebiasaan ini secara langsung pada anak, melainkan bisa dengan memberikan contoh dan memberikan arahan-arahan kepada anak di waktu-waktu yang tepat masalahkesehatan.com.

Pola makan sehat dan nutrisi

Sejak usia dini, ajarkan pada anak untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat seperti buah-buahan, sayuran, daging, produk olahan susu, dan lain sebagainya. Bantu mereka membiasakan diri dengan menghidangkan makanan-makanan yang sehat dan seimbang setiap harinya.

Biasakan anak-anak untuk sarapan bergizi di pagi hari, untuk menunjang pertumbuhan serta energi untuk mereka melakukan aktivitas seperti belajar dan bermain.

Pastikan juga anak mendapatkan makan siang yang bernutrisi, dilengkapi dengan vitamin dan mineral penting untuk anak. Beberapa sekolah menyediakan makan siang bagi anak. Namun begitu lebih baik jika anda menyediakan paket makan siang anak dari rumah, karena anda paling tahu apa yang dibutuhkan oleh anak anda. Batasi jajan anak di sekolah karena berbagai jajanan tersebut tidak dapat dijamin kebersihan dan kesehatannya.

Begitu pula dengan makan malam. Waktu tersebut adalah waktunya menghabiskan waktu bersama keluarga. Cobalah untuk makan malam bersama, sehingga anda bisa berinteraksi dengan anak sekaligus memperhatikan pola dan kebiasaan makan mereka.

Olahraga dan aktivitas fisik anak

Menghabiskan waktu bermain di luar bersama teman sudah lebih dari cukup sebagai aktivitas fisik sang anak. Berkeringat dan tertawa bersama teman adalah hal yang sangat baik untuk menunjang pertumbuhan dan kesehatan fisik anak. Orang tua harus memastikan bahwa anak tidak menghabiskan sebagian besar waktunya bersantai di depan televisi atau video game.

Anda juga bisa mengikutkan anak di klub olahraga atau ekskul lain yang berhubungan dengan fisik, seperti sanggar tari, pencak silat, dan lain sebagainya. Di akhir pekan, anda juga bisa mengajak mereka mengikuti kegiatan seperti jalan santai ataupun fun bike yang sangat sering diadakan di hari minggu.

Istirahat dan waktu tidur yang memadai

Terapkan waktu istirahat dan waktu tidur yang memadai bagi anak anda. Anak-anak membutuhkan 9-13 jam waktu tidur, tergantung usia mereka. Saat tidur, tubuh akan mengisi ulang energi dan beregenerasi. Tidur yang cukup akan membantu pertumbuhan dan produktivitas anak, serta membantu perkembangan fisik dan mental anak.

Kurangnya waktu istirahat pada anak dapat menyebabkan beberapa masalah seperti kurangnya perhatian anak di sekolah/saat belajar, mengantuk di siang hari, tubuh lesu, dan lain sebagainya. Untuk itu orang tua seharusnya memperhatikan pola tidur anak untuk menunjang tumbuh kembang dan kesehatan anak.

Di samping beberapa poin penting di atas, para orang tua juga harus mengajarkan pada anak mengenai faktor kesehatan umum seperti menjaga kebersihan, mencuci tangan dengan sabun, sikat gigi rutin sebelum tidur, dan lain-lain agar mereka terhindar dari infeksi dan bakteri.

Membiasakan hal-hal tersebut pada anak sejak dini sangat penting nilainya bagi anak-anak, sehingga mereka sadar dan tahu bagaimana cara menjaga kesehatan.